9 Rumus Harga Kubah Masjid

9 Rumus Harga Kubah Masjid

 

9 Rumus Harga Kubah Masjid untuk Panitia Masjid

9 Rumus menghitung, mencari harga Kubah Masjid Enamel yang murah sekaligus berkualitas yang perlu diketahui untuk anda. Dalam panduan ini 9 rumus harga kubah masjid bisa murah, juga berkualitas akan saya uraikan dan tips memilih bentuk kubah masjid. 4 cara pertama berhubungan dengan persiapan, perencanaan, serta pemilihan kontraktor kubah masjid. Kemudian 5 cara selanjutnya yaitu berhubungan dengan jenis, ukuran, motif, dan harga kubah masjid.

Pada beberapa tahun terakhir, masjid tidak hanya dijadikan sebagai tempat ibadah, namun juga digunakan sebagai objek wisata, dan ikon dari suatu daerah. Dengan cara yang akan kami paparkan, anda diharap untuk menyimak secara saksama panduan kontraktor kubah masjid, sebagai berikut:

1.      Panitia Pembangunan Masjid

Yang pertama harus dibicarakan ialah tentang panitia pembangunan masjid. Tidak hanya terlibat dalam penggalangan dana saja, panitia juga sangat dibutuhkan untuk mencari kontraktor kubah masjid yang berkualitas dan berpengalaman. Setelah itu, bernegosiasi juga tugas panitia apabila sudah menemukan kontraktor yang pas.  Panitia pembangunan masjid kebanyakan dibentuk dengan cara musyawarah mufakat atau berdasarkan penunjukkan. Sebagai panitia pembangunan masjid, sangat dibutuhkan beberapa panitia yang memiliki latar belakang dunia arsitektur, teknik sipil, dan sejenisnya agar dapat memahami konstruksi bangunan. Dengan ini, rancangan pembangunan masjid akan lebih sesuai dengan kondisi lingkungan sekitar, mulai dari kondisi tanah, arah mata angin, dan tinggi masjid.

2.      Lokasi Bangunan Kubah Masjid

Kontraktor kubah masjid memiliki rincian dana proyek pembangunan tersebut, namun apabila lokasi dari masjid tersebu sulit untuk diakses kendaraan roda empat, atau kendaraan truk dan pick up, bukan tidak mungkin kontraktor akan merubah untuk menaikkan rincian dana pembangunan kubah masjid tersebut. Selain hal tersebut, mobilisasi material untuk pembangunan masjid pun menjadi terhambat dengan tidak adanya akses untuk menuju lokasi masjid. Panitia disarankan agar segera mengurus sertifikat wakafnya apabila status tanah bangunan masjid adalah tanah wakaf. Dengan ini negosiasi dengan kontraktor dapat berjalan lancar, karena di dalam internal masjid sudah kondusif.

3.      Arsitektur Bangunan Masjid

Desain arsitektur masjid sekarang sangat beragam. Kebanyakan gaya arsitektur bangunan daerah lain menjadi desain yang dipilih untuk gaya arsitektur masjid tersebut. Misalnya dengan ciri bangunan khas negeri tirai bambu seperti Masjid Ceng Ho, dan menggunakan gaya arsitektur eropa, arab, dan timur tengah contohnya masjid Istiqlal. Memiliki banyak kubah serta menara merupakan ciri-ciri gaya arsitektur masjid timur tengah. Dengan efisiensi ukuran kubah masjid, harga yang didapat tentunya lebih murah.

4.      Kontraktor Kubah Masjid

Pada saat ini sudah terdapat pembagian spesialisasi pekerjaan  untuk kontraktor. Misalnya, kontraktor listrik akan hanya bekerja melayani proyek listrik, kontraktor air akan bekerja melayani proyek pembangunan air. Dan begitu pun dengan kubah masjid, memiliki kontraktor sendiri sesuai spesifikasi proyeknya.

  1. Contoh kontraktor kubah masjid yang sudah sangat berpengalaman mengerjakan kubah masjid di Seluruh Indonesia adalah PT. Anugerah Kubah Indonesia.
  2. Dijalankan oleh tim ahli, PT. Anugerah Kubah Indonesia merancang kubah masjid yang sangat cocok dengan konstruksi bangunan masjid.
  3. Untuk produksi komponen seperti membrane, panel, dan rangka kubah masjid, PT. Anugerah Kubah Indonesia memiliki bengkel workshop sendiri.
  4. PT. Anugerah Kubah Indonesia sudah menjalin kerjasama dengan Pabrik PT. Maspion untuk mendukung misinya untuk memproduksi panel enamel yang tahan suhu panas, warna yang awet hingga 20 tahun.

5.      Jenis Kubah Masjid

Secara desain maupun jenis materialnya, kubah masjid sekarang ini telah mengalami perkembangan. Berikut akan kami jelaskan jenis-jenis kubah mulai dari yang konvensional, hingga yang modern. Kubah dengan bahan beton dan stainless stell adalah yang sering digunakan di Indonesia pada beberapa tahun yang lalu. Kubah Masjid Galvalum adalah jenis kubah yang berbahan dasar plat galvalum.  Saya akan mengurai dan menjelaskan material Galvalum dan enamel untuk mendapatkan gambaran bahan galvalum dan enamel.

6.      Plafon Kubah Masjid

Plafon menjadi hiasan pada langit-langit didalam masjid, karena keindahaan motifnya jamaah akan terkesima saat melihat plafon di atap kubah masjid. Harga kubah utama dan kubah anak, akan kami tawarkan kepada anda satu paket dengan pekerjaan plafon pada kubah utama. Desain plafon yang menarik sebaiknya digunakan untuk kubah utama yang berdiameter diatas 4 meter, dan plafon polos berwarna putih dapat dipilih apa bila anggaran kubah utama sangat terbatas. Kalsiboard dengan finishing cat airbrush adalah bahan yang pada umumnya digunakan. Motif awan, motif asmaul husna, motif ornamen, dan motif polos adalah motif popular yang sering digunakan. Harga yang dipasang adalah harga per meter persegi (m2).

PT. Anugerah Kubah Indonesia menawarkan plafon kubah masjid dengan spesifikasi:

  1. Kalsiboard dengan ketebalan 3 mm dan water proofing membran bakar ketebalan 3 mm.
  2. Lukisan awan atau kaligrafi sebagai finishing (sesuai permintaan pihak panitia).
  3. Pipa medium 1-2  inc. dan besi hollow 2 x 4 digunakan sebagai rangka.

7.      Motif Kubah Masjid

Dalam hal memilih kubah masjid yang sesuai dengan gaya arsitektur atau luas bangunan masjid, pada segmen ini saya akan mengulas motif-motif yang menjadi primadona. Yang memberikan keindahan pada kubah masjid adalah motifnya. Motif ini memadukan unsur perpaduan warna dan unsur detail struktur desain kubah. Hijau tua, hijau muda, biru tua, biru langit, biru muda, kuning, cokelat, putih, emas adalah warna yang menjadi pilihan favorit. Biaya untuk memproduksi kubah akan semakin tinggi, apabila semakin banyak warna yang dipilih. Anda bisa melihat pilihan motif yang sudah diterapkan pada bagian Foto Bukti Hasil Pekerjaan karena PT. Anugerah Kubah Indonesia sudah memiliki banyak pilihan motif.

8.      Ukuran Kubah Masjid

Kubah juga memiliki fungsi sebagai penanda arah kiblat dari bagian luar dan menerangi bagian interior masjid. Jadi kubah tak sekedar menampilkan kemegahan dan keindahan belaka. Keberadaan kubah dalam dunia arsitektur Islam paling tidak memiliki dua interpretasi simbolik, yakni merepresentasikan kubah sebagai surga dan menjadi semacam simbol kekuasaan dan kebesaran Tuhan. Pernyataan tersebut diungkap oleh tulisan yang berjudul A review of Mosque Architecture, Foundation for Science Technology Civilisation (FSTC). Dalam hal menetapkan harga kubah masjid, setiap kontraktor Kubah Masjid pasti memiliki caranya masing-masing. Ada 2 harga yang diberikan, seperti:

  1. Harga Lumpsum

Sampai batas masa kerja yang diatur dalam kontrak kerja, harga ini tetap dan tidak mengalami perubahan. Harga borongan yang sudah ditetapkan di depan tidak akan berubah apabila terjadi kenaikan harga material seperti besi hollow, cat atau galvalumnya. Untuk harga kubah utama dan kubah anak, panitia pembangunan masjid sudah menerima angka bulat pada harga lumpsum ini.

  1. Harga Per Meter

Panitia pembangunan masjid akan menerima harga borongan per mete, karena harga ditetapkan berdasarkan volume per meter. Harga sudah termasuk produksi material dan harga borongan pekerjaan per meter. Panitia hanya tinggal mengalikan volume kubah masjid dengan harga per meter yang dapat disesuaikan.

Rumus Harga Kubah Masjid

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.