5 Masjid megah di malaysia

5 Masjid megah di malaysia

Masjid Negara Malaysia

Masjid Negara direncanakan oleh tiga arsitek, masing masing ialah Howard Ashley dari departemen pekerjaan umum Inggris serta dua Arsitek pribumi, Hisham Albakri serta Baharuddin Kassim. Dibuat tahun 1965 dilokasi Gereja Venning Road Brethren Gospel Hall yang telah berdiri dari sana semenjak tahun 1922 selanjutnya diambil pindah oleh pemerintah Malaysia untuk membuat Masjid Negara. Bangunan masjid negara Malaysia dibuat untuk masjid modern serta istimewa dengan susunan beton bertulang dan melambangkan inspirasi bangsa Malaysia yang saat itu barusan mendapatkan kemerdekaan dari Inggris.

Arsitektural Masjid Negara

Teritori Masjid Negara tempati tempat seluas 13 hektar serta bangunan intinya seluas kurang lebih 3 hektar. Semua teritori masjid di kelilingi sebahagian besar oleh tembok nyata serta beberapa lagi oleh pagar. Diperlengkapi tujuh pintu masuk. Sarana untuk pengunjung non muslim disiapkan termasuk juga toilet umum. Pintu masuk spesial pelancong dalam dan luar negeri ada bersisihan dengan Dewan Bandaraya Kuala Lumpur.

Pada umumnya, Masjid Negara dibuat berpenampilan masjid modern. Arsitektural masjid ini dikenal dengan satu menara setinggi 73 mtr. serta kubah di atap masjid yang jika disaksikan dari udara berupa bintang 16. Kubah dengan bentuk bintang 16 ini cukup unik, jika disaksikan dari samping benar-benar jelas nampak jika kubah Masjid Negara berupa payung yang sedang terbuka beberapa, persamaan kata dari pelindung pada sengatan panasnya matahari tropis. Kubah berupa payung di Masjid Negara memiliki ukuran tinggi 84ft serta diameter 200ft.


Bagian dalam kubah payung dihias dengan ukiran kaligrafi ayat suci Al-quran berbahan alumuium menyimbollkan kesultanan di Malaysia serta nampak demikian indah dari dalam masjid. Sedang sisi pucuk bangunan menaranya seperti bentuk payung yang sedang tertutup. Digunakannya susunan beton bertulang pada atap penting ialah untuk memperoleh ruangan yang lega buat ruangan sholat penting. bangunan masjid ini terpantul dengan indah dari kolam serta pancuran air yang menyengaja dibuat di sekitar masjid.