Tips Menentukan Motif Kubah Masjid Yang Elegan!

Saat kita bepergian pada suatu tempat, kita akan menemui banyaknya bagunan masjid dengan banyak sekali macam bentuk kubah dan motifnya yang sering kali mengabaikan unsur seni dan keindahan bangunan. Masjid atau mesjid merupakan sarana tempat ibadah bagi kaum Muslimin. Masjid juga mempunyai pengertian sebagai tempat sujud, dan masjid yang berukuran kecil juga sering disebut musholla, berkelahi atau surau. Selain tempat untuk beribadah masjid juga sebagai tempat sentra kehidupan bagi kaum muslimin. Kegiatan perayaan hari besar Islam, sarana diskusi, kajian agama, ceramah dan sarana mencar ilmu Al Qur’an yang sering dilaksanakan di Masjid. Bahkan dalam sejarah umat Islam, masjid turut memegang peranan penting dalam melaksanakan segala acara sosial kemasyarakatan sampai pendidikan militer.

Sedemikian penting peranan sebuah masjid bagi kehidupan kaum muslimin, maka dari itu, kami akan memperlihatkan sedikit tips apa yang kami ketahui perihal Tips Memilih Motif Kubah Masjid yang Elegan.

  1. Negara kita Indonesia pada umumnya, hanya ada dua trend saja, yaitu trend hujan dan trend kemarau. Hal ini sangat berbeda apabila kita bandingkan dengan negara negara barat yang rata rata mempunyai empat musim. Indonesia ialah salah satu negara yang mempunyai curah hujan yang sangat tinggi. Oleh alasannya ialah itu, secara astronomi, hal ini sanggup memperlihatkan nilai lebih bagi bumi Indonesia. Itulah sekilas citra perihal kondisi alam Indonesia, dimana hal ini merupakan salah satu faktor penting dalam menentukan materi dan motif untuk kubah masjid. Dengan curah hujan yang cukup tinggi, tentu, Anda akan menentukan materi yang tahan terhadap cuaca tersebut. Sedangkan hijaunya alam Indonesia merupakan salah satu kombinasi yang elegan dalam pemilihan warna motif untuk kubah Anda. Sedangkan untuk kawasan pesisir pantai tentu juga berbeda dengan motif kubah yang ada diwilayah pegunungan. Daerah pesisir pantai cenderung mempunyai kombinasi warna putih sebagai warna motif kubah. Sedangkan untuk wilayah pegunungan, sangat cocok dengan kombinasi warna hijau sebagai warna motif kubah.
  2. Tradisi dan budaya dari masyarakat setempat merupakan salah satu unsur penting dalam menentukan corak dan motif kubah masjid. Misalnya, ada tradisi dari masyarakat yang tidak menyukai warna merah, tentu hal ini akan menjadi pertimbangan sendiri bagi Anda didalam menentukan warna kubah.
  3. Untuk motif kubah masjid sanggup menyesuaikan dengan corak masing masing daerah. Karena setiap suku di Indonesia mempunyai motif masing masing.
  4. Konsultasikan terlebih dahulu dengan kami sebagai kontraktor kubah masjid, supaya mendapat hasil yang maksimal dalam menentukan motif dan warna yang sesuai dengan keiinginan Anda. Point ini merupakan point yang penting, lantaran dalam menentukan motif kubah, juga tergantung pada besar kecilnya ukuran kubah.
Empat hal tersebut diatas merupakan salah satu point yang sanggup Anda jadikan acuan dalam menentukan warna dan motif kubah Anda. Kubah yang elegan dan moderen merupakan kombinasi yang elok antara warna dan bangunan masjid itu sendiri, dan ditambah lagi dengan faktor alam sekitarnya.