Sistem Pewarnaan Powder Coating Pada Panel Kubah Masjid

Powder coating ialah proses pelapisan pada permukaan profil aluminium dan besi dengan suatu lapisan film. Dalam bentuk film debu digunakan dalam lapisan tipis workpiece lalu dilarutkan dalam bentuk film dan dipanaskan untuk polimerisasi dan mengawetkan coating. Powder (serbuk) dilekatkan pada permukaan profil aluminim dengan memakai alat electric spray gun. Powder Coating ditemukan pertama kali pada tahun 1967 di Australia. System pengecatan Powder Coating tidak mempergunakan materi cair / pengencer yang biasa dilakukan pada cat konvensional. Powder Coating umumya digunakan untuk melapisi permukaan logam menyerupai besi dan aluminium. Untuk mencapai daya rekat yang maksimal maka sebelum dilakukan pengecatan, materi yang akan dicat dibersihkan dan diberikan treatment tertentu. Agar cat yang tadinya berupa powder atau tepung sanggup merekat dengan tepat maka harus di-oven dengan suhu 160 – 220 C°.

Serbuk Cat Powder Coating
 
Perkembangan yang terjadi diberbagai bidang khususnya ilmu pengetahuan dan teknologi pada industri menjadikan persaingan yang ketat, dan melihat adanya kebijakan pemerintah mengikuti masa globalisasi, diantaranya adanya pasar bebas dimana produksi dari luar sanggup masuk ke Indonesia dan bersaing dengan produk dalam negeri secara bebas. 
 
Dengan melihat keadaan SDM kini terang negara kita tertinggal dari pesaing-pesaing luar. Maka secara tidak eksklusif kita dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif dalam memproduksi suatu alat bantu pengecatan atau mesin Dalam teknologi yang sedang berkembang pesat ialah pengecatan pada body mobil, chasing dari mesin perkakas dan lain- lain. Salah satu prosesnya yaitu dengan memakai proses sistem powder coating. Powder coating (bubuk lapisan) ialah suatu jenis pengecatan kering, yang biasanya digunakan sebagai free-owing, debu kering. Perbedaan yang utama antara cat konvensional dan powder coating ialah bahwa pada powder coating tidak memerlukan suatu materi pelarut untuk menyimpan pengikat dan materi pengisi untuk memisahkan didalam suatu cairan asal.

Skema Proses Pengecatan Powder Coating

Powder coating pada umumnya digunakan untuk pengecatan nishing benda keras dan daya rekat yang dihasilkan akan lebih besar lengan berkuasa dibandingkan cat konvensional. Powder coating sebagian besar digunakan untuk pengecatan logam, menyerupai “white goods“, aluminium extrusions, bagian-bagian kendaraan beroda empat dan sepeda motor. Ada beberapa laba powder coating diantaranya: 

  1. Powder coating mengandung VOC (volatile organic compounds/campuran organik yang gampang menguap) mendekati nol. 
  2. Powder coating menghhasilkan lapisan lebih tebal dari pengecatan konvensional. 
  3. Kelebihan materi powder (overspray) sanggup didaur ulang, dengan begitu kemungkinan untuk mencapai hampir 99%.