Pembuatan Kerangka Kubah Masjid

Kami memperlihatkan jenis layanan antara lain : pembuatan kubah masjid atau renovasi, kaligrafi, ornament, (decorasi in – out door), Kubah galvalum dan Kubah Enamel.
 
Rangka Atap Space Frame
Struktur ruang atau biasa dikenal dengan space frame yaitu system struktur yang dikala ini berbagai digunakan. Hal ini dikarenakan banyaknya kelebihan yang dimiliki system struktur ini menyerupai ringan dan memiliki kekuatan yang besar. Menggunakan system struktur space frame yang ringan, kuat, indah dan fleksibel bangunan dengan bentang lebarpun sanggup diatapi sekalipun tanpa memakai kolom tengah.
Aplikasi Digunakan pada struktur atap, jembatan, menara, kubah, kanopi, interior dan sebagainya
Keuntungan
Selain ringan laba system struktur ini yaitu :
1. Mampu digunakan pada atap bentang lebar, tanpa kolom tengah.
2. Pemasangan relatif cepat.
3. Perawatannya mudah.
4. Ukuran lebih presisi alasannya yaitu produksi dikerjakan dengan mesin.
5. Tampilan struktur anggun diekspose.
6. Sangat awet.
 
 
Komponen Struktur
Terbagai atas beberapa bab :
1. Support, dipasang memakai angkur pada kolom atau balok.
2. Member, atau batang dari pipa baja pada ujung-ujungnya
dilengkapi connector cone dan hexagon atau bottle serta baut.
3. Balljoint, merupakan titik pertemuan antara ujung-ujung batang.
Terbuat dari baja mutu tinggi
 
Fabrikasi
Dilakukan dengan memakai mesin-mesin modern yang terkomputerisasi dan didukung tenaga terampil berpengalaman, sehingga produk yang dihasilkan memiliki tingkat presisi yang tinggi.
 
Finishing
Dapat dipilih beberapa alternatif, contohnya Hotdip Galvanised, pengecatan (bisa powder coating atau cat biasa), pemolesan (stainless steel), dan sebagainya. Untuk struktur yang sangat terpengarauh oleh iklim, finishing dianjurkan memakai Hotdip Galvanised.
 
Pemasangan
Komponen-komponen struktur ini sangat gampang dipasang dilapangan alasannya yaitu hanya diharapkan penyetelan baut. Tidak ada lagi pekerjaan pengelasan ataupun pengecoran.
 
1. PERSIAPAN BAHAN/MATERIAL
Bahan-bahan yang akan difabrikasi (pipa, hollow, dsb) disiapkan, dibersihkan dari kotoran, dan diperiksa sesuai spesifikasi yang disyaratkan (ukuran, ketebalan, dll).
 
 
 
2. PENGEROLAN
Untuk mendapat kelengkungan yang diinginkan, rangka di roll memakai mesin roll. Membentuk kelengkungan dilakukan secara sedikit demi sedikit supaya bentuk yang dihasilkan lengkung tepat dan tidak terjadi patahan/tekukan.
 
 
 
3. PENYETELAN RANGKA LENGKUNG
Rangka yang telah diroll, diperiksa ukurannya dan disetel sesuai kelengkungan yang direncanakan.
4. RANGKA SEKUNDER PENUTUP ATAP
Rangka sekunder epilog atap diproduksi diworkshop dengan tahapan:
 
1. Pengerollan untuk bab rangka sekunder yang berbentuk lengkung diubahsuaikan kelengkungan atap.
 
2. Pemasangan plat-plat referensi rangka sekunder pada rangka primer serta plat dudukan panel ornamental epilog atap (untuk panel enamel).
 
3. Rangka sekunder digalvanis untuk memberi santunan terhadap karat sebelum dikirim ke lokasi proyek. Pelapisan galvanis pada rangka dilakukan dengan system Hot Dip Galvanis (celup) supaya seluruh bab rangka tertutup lapisan anti karat.
PEMBUATAN PANEL ORNAMENTAL
 
1. PEMOTONGAN PLAT
 
a. Plat low carbon steel dengan ketebalan 1.2 mm, yang masih berupa coil, dipotong-potong menjadi bentuk lembaran.
 
b. Plat lembaran dipotong sesuai ukuran untuk membentuk panel yang diinginkan. Proses potong plat dilakukan memakai mesin potong hidrolis.
 
c. Bagian tepi plat digerinda supaya rapi dan tidak tajam.
2. TEKUK PLAT
 
Plat yang telah final dipotong berdasarkan ukuran panel, ditekuk memakai mesin tekuk (bending) membentuk panel atap sesuai ukuran yang direncanakan. Penekukan harus rapi dan sudut tekukan dihentikan terlalu tumpul.
 
3. FINISHING BENTUK PANEL
 
Panel yang telah dipotong dan tekuk, dilas pada bab sambungan sudut-sudutnya. Hasil pengelasan yang masih garang dirapikan dan dihaluskan dengan gerinda.
4. PEWARNAAN PANEL (ENAMELLING)
 
Proses enamelling panel dilakukan dengan melalui beberapa tahapan yaitu:
 
a. Pencucian, dilakukan sampai plat higienis dari kotoran, minyak maupun karat. Proses pembersihan ini terdiri atas beberapa tahapan mulai dari penggunaan materi kimia sampai air bersih. Plat yang dihasilkan harus benar-benar higienis termasuk dari sisa materi kimia pembersih.
 
b. Pelapisan warna, dilakukan dengan metode celup (dipping) atau semprot (spraying) sesuai warna yang diinginkan. Ada 2 tahapan pewarnaan yaitu: Tahap ground coat (lapisan dasar) serta tahap cover coat (lapisan penutup). Ground coat berwarna hitam sedangkan cover coat yaitu warna sesuai yang diinginkan/akan ditampilkan.
 
c. Pemanasan, dilakukan pada panel yang telah diwarna dengan panggangan yang diatur pada suhu mencapai 830o C. Pemanasan dilakukan 2 kali yaitu sehabis panel tertutup ground coat dan sehabis tertutup cover coat. Oven yang digunakan memakai system pemanasan sedikit demi sedikit (menggunakan ban berjalan) dengan pintu masuk dan pintu keluar berbeda, untuk mendapat kualitas enamel yang baik dan bermutu tinggi. Pemanasan secara pribadi (memasukkan panel pada panggangan bersuhu tinggi) dengan pintu masuk sama dengan pintu keluar (one way system) akan menjadikan ketidakstabilan pada suhu panggangan yang selanjutnya akan menjadikan rendahnya kualitas enamel yang dihasilkan.