Moscow Cathedral Mosque

Masjid Katedral Moskow ialah masjid utama di Rusia. Dibangun tahun 1904 sesuai rancangan arsitek Nikolay Zhukov dan kini menjalani pembangunan ulang. Masjid ini juga dijuluki “Masjid Tatar” sebab didominasi oleh arsitektur Tatar.
 
Masjid Katedral Moskow (1904) ini merupakan masjid tertua kedua dari empat masjid yang kini eksis di kota Moskow sehabis Moscow Historical Mosque (1828) di 28 Bolshaya Tatarskaya Strett. Dua masjid lainnya adalah, Yardem Mosque (1997) di Otradnoye dan Moscow Memorial Mosque (1997) di Poklonnaya Hill.
 
Sebuah masjid yang sangat klasik lengkap dengan kubah besar dan menara. Keseluruhan dana pembangunan masjid ini ditanggung sendiri oleh saudagar muslim kota Moskow berjulukan Saleh Yusupovich Erzin.
 
Nama Masjid Katedral
 
Nama “Katedral” untuk menyebut sebuah masjid besar memang terdengar sangat absurd bagi kebanyakan orang Indonesia, penyebutan nama masjid ini memang unik, boleh jadi sebab budaya masyarakat Kristen Ortodox Rusia yang terbiasa menyebut gereja besar sebagai Katedral, maka masjid besar di kota Moskow inipun di sebut sebagai Masjid Katedral. Dalam bahasa Rusia masjid ini juga disebut masjid Sabornaya atau Masjid Agung sebab memang fungsinya sebagai masjid agung bagi kota itu.
 
Bangunan Masjid usang sudah dirobohkan pada tanggal 11 September 2011 untuk dibangun masjid gres di lokasi yang sama dalam ukuran yang berkali kali lipat lebih besar guna mengakomodir jemaah yang semakin membludak Masjid yang sedang dibangun itu menempati lahan seluas 15 ribu meter persegi, sepertiga dari area itu akan menjadi ruang utama masjid. Mampu menampung sampai 6000 jemaah (bandingkan dengan masjid sebelumnya yang berapasitas maksimum 1500 jemaah). Masih terbilang kecil dibandingkan dengan jemaahnya dikala ini yang mencapai puluhan ribu. Ruang sholatnya tetap akan dibangun tiga lantai.
 
Masjid gres itu akan dilengkapi dengan sebuah kubah masjid besar berdiameter 27 meter setinggi 40 meter, dan dilengkapi dengan sepasang menara setinggi 75 meter (menara masjid usang hanya 20 meter). Kubah atap dan menaranya akan di lapisi dengan lapiran tembaga dan seng titanium. Sedangkan tembok serta lantainya akan dilapis dengan pualam dan granit. Warna yang dipilih ialah paduan warna putih dan hijau.

 

 
Masjid Katedral Moskow menjadi bangunan kawasan ibadah pertama di Rusia yang dirobohkan semenjak tahun 1978. Proyek pembangunan masjid gres yang lebih besar dan representative di atas lahan yang sama tersebut rencananya gres akan final pada tahun 2013 dan keseluruhan pembangunannya diperkirakan gres akan final pada tahun 2014 atau 2015.