Masjid Mesquita Central De Lisboa

Mesquita Central de Lisboa
Masjid Agung Lisabon merupakan sebuah masjid yang berdiri di sentra kota dengan bentuk dan model bangunan yang biasa-biasa saja. Bahkan, kalau kita amati dari segi konsep struktur bangunannya, masjid ini tampak sangat menyaingi bentuk bangunan disekitarnya, menyerupai bangunan hotel dan gedung-gedung perkantoran dari segi keindahan dan kemegahan kota metropolitan.
Mesquita Central de Lisboa atau dengan nama lain Lisbon Central Mosque yang sering disebut oleh penduduk setempat yaitu sebuah masjid agung terbesar satu-satunya di kota Lisbon, Portugal. Masjid tersebut diresmikan operasionlnya pada tahun 1985 yang dipakai oeh komunitas kaum Muslim Portugal.
Masjid yang diarsiteki oleh Antonio Maria Braga dan Joao Paulo Conceicao ini mempunyai beberapa kelebihan dibagian luar dan dalam bangunan. Pada bab luar masjid yang paling menonjol ialah bangunan kubah dan menara masjid.
Kubah masjid pada atap masjid ini memakai materi yang transparan sehngga sinar matahari sanggup eksklusif menembus masuk kedalam ruangan masjid. Sementara itu, bangunan menaranya berbentuk spiral dimana pada bab ujung menara dihiasi dengan motif ornamen kaligrafi geometris yang bertuliskan kalimat takbir.
Bagian lain yang sangat unik yaitu pada halaman masjid terdapat susunan tanah liat yang sudah diawetkan dimana tanah liat ini sudah menjadi watu bata meski dibiarkan tanpa diplester dan cat. Warna alami dari tanah liat tersebut memperlihatkan keindahan tersendiri dari bangunan masjd tersebut.