Mempercantik Masjid Dengan Krawangan Grc

Krawang GRC
Ventilation Screen atau yang biasa kita kenal dengan Krawangan merupakan sebuah dekorasi ornamen yang berupa sekat berlubang dan mempunyai fungsi sebagai ventilasi udara dan sekaligus sebagai pencahayaan yang sifatnya alami.
Kreatifitas dari para pengrajin krawangan selalu mempunyai wangsit ide dari banyak sekali macam motif dan material sehingga berhasil mewujudkan sebuah bentuk krawangan yang mempunyai nialai seni yang begitu menarik dan indah.
menyerupai halnya krawangan GRC (glassfibre reinforced concrete), Krawangan GRC merupakan sebuah varian dari jenis panel GRC customade dan mempunyai sedikit kemiripan dengan roster beton namun materi GRC mempunyai banyak sekali keunggulan terutama dalam hal bobot, motif, dan ukuran custom yang sangat sanggup diwujudkan.
Krawangan Masjid
Krawangan Pada Jendela Masjid
Pada umumnya krawangan GRC yang sering kita jumpai terutama pada bangunan apartemen, perkantoran dan pada bangunan daerah ibadah dengan m

otif yang mencerminkan identitas pada bangunan tersebut menyerupai motif islami, motif batik dan sebagainya.

Di Indonesia sendiri ada banyak sekali produsen produsen panel krawangan GRC yang sanggup dijumpai di internet maupun dijalan jalan yang sering kita jumpai termasuk pula PT ANUGERAH KUBAH INDONESIA
, yang kebetulan kami merupakan andal dalam pengerjaan produk produk GRC dan turunannya.
Krawangan GRC
Ornamen Krawangan Pada Pintu Gerbang
Memperindah masjid dengan krawangan GRC merupakan sebuah wangsit yang menarik untuk diwujudkan, mengingat sifat dari krawangan GRC yang mempunyai banyak sekali macam motif sebagai aksen untuk membentuk fasade sebuah bangunan. Sebuah sudut bangunan tanpa adanya motif hiasan ataupun ornament luar maka akan tampak polos dan hampa,
Hal ini tentu berbeda kalau diberikan sedikit sentuhan Ornamen krawangan GRC maka akan tampak menyerupai mempunyai aksen unik yang sesuai dengan motif krawangannya,
misalkan dengan Motif Islami maupun motif batik khas Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan yang lainnya.
Krawangan GRC pada sebuah gedung
Disini Motif krawangan GRC telah berhasil merubah sudut pandang dari dinding yang hampa menjadi lebih hidup sesuai dengan motif yang menarik perhatian seseorang.

 

Krawangan pada bab sudut masjid
Krawangan GRC Pada Fasade Sebuah Masjid
Selain mempercantik  masjid, krawangan GRC juga mempunyai fungsi sebagai ventilasi udara yang alami dan sanggup mengalirkan udara dari luar ke dalam dan begitu juga sebaliknya dan sekaligus juga sanggup membantu pencahayaan disudut sudut masjid dari sinar matahari dan akan membentuk sebuah bayangan bayangan yang unik pada ruangan masjid.
Dengan sedikit kreatifitas, krawangan GRC juga sanggup dipakai sebagai penyekat ruangan ataupun sebagai panel dekoratif yang di tempel di dinding bab dalam masjid.
Finishing krawangan GRC pada umumnya memakai cat menyerupai cat tembok ataupun cat kayu.
Jika lebih diperinci maka krawangan GRC sanggup berfungsi sebagai :
  • ventilasi udara
  • pencahayaan alami
  • penyekat ruangan
  • pagar halaman
  • secondary skin bangunan
  • panel dekoratif ruangan/in door decorative panel
  • panel dekoratif luar ruangan/out door decorative panel

 

Krawangan GRC
Krawangan GRC Sebagai Panel Dekorasi Ruangan
Kesimpulannya ialah bahwa penggunaan krawangan GRC pada bangunan masjid lebih bermanfaat bukan hanya sekedar sebagai komponen bangunan yang berfungsi sebagai ventilasi udara akan tetapi jauh lebih juga sebagai elemen estetika bangunan untuk membentuk aksen fasade pada bangunan tersebut.
Harga krawangan GRC mungkin lebih mahal daripada roster beton, namun hal ini juga masih sebanding dengan mengingat banyak sekali kelebihan guna untuk mempercantik bangunan pada masjid maupun daerah ibadah lainnya.
Masjid pun akan terasa lebih sejuk alami tanpa harus memakai perangkat listrik menyerupai AC (air conditioning) alias penyejuk udara yang artinya sanggup menghemat biaya listrik bulanan.
Krawangan GRC

 

Krawangan GRC

 

Krawangan GRC