Masjid Rijeka, Kroatia – 5 Kubah Masjid Yang Menjadi Satu

Kubah Masjid Rijeka, Kroatia
Keindahan masjid yang dibangun dari aspirasi puluhan ribu umat Islam ini terlihat pada bentuk 5 kubah yang menjadi satu.
 
Keindahan Masjid Rijeka, Kroasia. Masjid yang merupakan salah satu tempat ibadah terindah di Eropa ini dibangun atas aspirasi dan saling bantu antarumat Islam di Kroasia. Umat Islam ketika mengunjungi Masjid Rijeka, Kroasia. Masjid Rijeka ini yaitu masjid pertama yang dibangun di kota Adriatik, Kroasia semenjak penarikan dari Kekaisaran Ottoman. Masjid Rijeka mempunyai kubah masjid yang dibuat dalam lima bab terpisah, tetapi merupakan satu objek. Saat malam hari pun keindahan Masjid Rijeka tetap indah alasannya yaitu dihiasi oleh lampu-lampu di setiap sudut bangunan. Bagian pintu masuk Masjid Rijeka yang ibarat rumah keong. Masjid Rijeka mempunyai menara yang tak kalah unik, mempunyai tinggi 24 meter.
 
Pintu Masuk Masjid Rijeka
Ribuan jemaah muslim memadati areal Islamic Center di kota Rijeka, Kroasia, pada tanggal 5 Mei 2013 yang kemudian sehabis melalui proses pembangunan semenjak tahun 2009. Islamic Center dengan rancangan futuristik ini merupakan masjid sekaligus Islamic Center pertama di kota Rijeka dan seluruh tempat pantai Laut Adriatik sehabis lebih dari lima abad, dan menjadi masjid ketiga di Kroasia. 20 ribu sampai 30 ribu muslim hadir dengan penuh antusias dalam program pelantikan tersebut bergabung dengan tamu ajakan yang hadir dari banyak sekali Negara termasuk dari Negara tetangga dekatnya, Bosnia Herzegovina.
 
Islamic Center ini dirancang sebagai sebuah bangunan masjid berarsitektur modern dan futuristik, sekilas pandang ibarat dengan bangunan keong Emas di Taman Mini Indonesia Indah namun dalam balutan warna perak sementara dari sudut pandang yang lain tampak ibarat sebuah kapal luar angkasa. Bangunan masjid ini dilengkapi dengan sebatang menara setinggi 23 meter (75 kaki) dengan bentuk yang juga sangat unik dan disebut sebut sebagai bangunan tempat ibadah paling indah di Eropa.