Kubah Masjid Biru Istanbul, Turki

Di antara sekian banyak landmark di Turki, ada tiga masjid yang populer di Istanbul yang patut menerima perhatian khusus. Dan yang paling indah salah satunya ialah “Masjid Biru“. Masjid Biru dianggap sebagai karya terbesar alasannya ialah tidak hanya berasal dari arsitektur Islam, tetapi juga di dunia. 
 
Masjid Biru dibangun sehabis mengalami serangkaian kekalahan militer Turki. Sultan Ahmed menyatakan “saya menyadari bahwa ada masjid gres yang telah dibangun di kota Istanbul selama sekitar empat puluh tahun“, sehingga beliau tetapkan untuk membangun Rumah Allah dan memperbaiki situasi ketika itu. Konstruksi Pembangunan Masjid Biru dimulai pada bulan Agustus 1609 ketika sultan berusia 19 tahun.
 
Mereka membersihkan area yang luas untuk pembangunan konstruksi tersebut, dan mencatat beberapa bangunan dari Bizantium dan awal periode Ottoman. Setelah itu banyak watu marmer dibawa masuk. Sedangkan nama “Biru” digunakan sebagai nama masjid alasannya ialah masjid tersebut memakai lebih dari 20 ribu watu marmer berwarna putih dan biru. Sebuah Kubah Masjid yang besar yang memiliki ukuran tinggi kubah 23,5 meter dan diameter 43 meter dihiasi dengan ayat-ayat Al-Quran dan Hadits Nabi Muhammad SAW. Kolom masjid dihiasi dengan dekorasi bunga lili, anyelir, mawar dan ornamen lainnya. Lantai Masjid Biru tersebut ditutupi dengan karpet, dan cahaya lembut mengalir ke masjid melalui 260 jendela.