Kubah Masjid 2.000 Ton

Gambar Masjid Selimiye, Edrine, Turki.
Sebuah seni bangunan arsitektur moderen dari dinasti Ottoman yakni sebuah masjid yang disebut dengan nama Masjid Selimiye yang terletak di kota Edrine, Turki. Dimana masjid ini dibangun atas impian Sultan Selim II yang diarsiteki oleh Mimar Sinan antara tahun 1568 hingga dengan 1574 dan juga merupakan sebuah prestasi tertinggi dalam Arsitektur Islam.
Hal yang paling mengesankan pada bangunan Masjid Selimiye yakni sebuah Bangunan Kubah Masjid dengan diameter kubah 31,25 meter dengan profil bulat. Kubah tersebut memiliki dimensi ukuran yang sangat besar dengan berat 2.000 ton dan dianggap diluar nalar. Kubah tersebut menopang pada sebuah kolom/pilar masjid yang berjulukan “Fil Aya” yang berkaitan antara satu sama lainnya melalui lengkungan dengan lebar 6 meter. Kubah Masjid Selimiye sangat sebanding dengan Kubah Hagia Sophia dari segi ukurannya.
Selain kubah utama pada bangunan masjid, terdapat juga empat buah menara masjid. Sang arsitektur juga menerapkan sebuah struktur dimana Mihrab Masjid terlihat terperinci dari setiap sudut bangunan didalam ruangan masjid.
Dinding Mihrabnya tampak lebih menawan, diukir dengan hiasan kelereng monolitik. Disini sepertinya Sinan juga memperlihatkan sentuhan pada lantai masjid berupa hiasan plester.

Dengan demikian, Masjid Selimiye memiliki sistem tata pencahayaan lebih baik daripada Hagia Sophia maupun dengan Sulaimaniah. Masjid Selimiye sungguh sungguh merupakan sebuah mutiara dari kota Edrine, Turki. Yang hingga hari ini masih tetap berfungsi sebagai kawasan ibadah umat muslim.