Kubah Emas

Keindahan Masjid Kubah Emas


 

 

 

 

 

 

Masjid Dian Al-Mahri atau biasa disebut Masjid Kubah Emas di Jl Meruyung, Limo, Depok. 

Masjid ini dibangun oleh Hj. Dian Djuriah Maimun Al Rasyid, pengusaha asal Banten, yang telah membeli tanah ini sejak tahun 1996. Masjid ini mulai dibangun sejak tahun 2001 dan selesai sekitar akhir tahun 2006. Masjid ini dibuka untuk umum pada tanggal 31 Desember2006, bertepatan dengan Idul Adha yang kedua kalinya pada tahun itu.

Dengan luas kawasan 50 hektare, bangunan masjid ini menempati luas area sebesar 60 x 120 meter atau sekitar 8000 meter persegi. Masjid ini sendiri dapat menampung sekitar kurang lebih 20.000 jemaah. Kawasan masjid ini sering disebut sebagai kawasan masjid termegah di Asia Tenggara

Luas bangunan masjid ini sekitar 8.000 meter dan luas keseluruhan kawasan masjid 70 hektare. Masjid ini mempunyai lima kubah berlapis emas, yang melambangkan rukun Islam, dan mempunyai enam menara, yang melambangkan rukun iman di agama Islam.

Masjid indah berarsitektur Timur Tengah ini memang dibangun dengan material terbaik. Pada bab Interior Masjid, lantai dan tiang kolom dilapisi marmer dan keramik asal Italia, sementara karpet khusus didatangkan dari Turki dan lampu gantung kristal diimpor eksklusif dari Austria didesain khusus oleh pendiri Masjid, yaitu Hj Dian. Dia yang mencari lampu gantung sampai ke luar Negeri. Lampu gantung itu beratnya sekitar 2,7 ton. Tali lampu gantung tersebut berasal dari Italia.
Selain itu, Masjid Kubah Emas ini menyediakan aula untuk sarana pengunjung masjid sekadar beristirahat, toko makanan, vila, dan butik pakaian. Pengunjung Masjid Kubah Emas dalam hari bisa mencapai 7.000 orang.
Menurut Bapak H. Yudi Camoro sebagai pengurus Masjid Kubah Emas Depok, konsep didirikannya Masjid Kubah Emas ini terinspirasi dari harapan pendiri Masjid Kubah Emas ini yaitu Ibu Hj. Dian Djuriah Maimunah untuk mendirikan bangunan masjid yang tampak megah dan indah.
Karena bila kemegahan itu hadir pada suatu bangunan masjid, itu semata hanya menunjukkan kemegahan dan keindahan kebesaran Tuhan SWT, “Dan masjid merupakan Rumah Allah dimuka bumi ini”. Atas dasar itulah Masjid Kubah Emas ini dibangun sebagai simbol Keagungan Islam.