Keunikan Arsitektur Masjid Kubah Emas Dian Al Mahri

Masjid Kubah Emas Dian Al Mahri
Masjid Dian Al Mahri mempunyai 5 buah kubah masjid yang terdiri dari satu buah kubah utama dan 4 buah kubah kecil lainnya. Keunikan dari kelima buah kubah tersebut ialah seluruh bab kubah dilapisi dengan emas setebal kira kira 2 hingga dengan 3 milimeter dan mozaik kristal. Bentuk dari kubah utama sangat mirip dengan bentuk kubah Taj Mahal di India. Kubah utama tersebut mempunyai diameter bulat bawah 16 meter, dan diameter tengahnya 20 meter, sedangkan tinggi kubah sekitar 25 meter. Dan untuk 4 buah kubah kecil mempunyai diameter bulat bawah 6 meter, tengah 7 meter, dan tinggi kubah 8 meter. Selain kubah, di dalam Masjid Kubah Emas ini juga terdapat lampu gantung yang menghiasi ruang tengah masjid, dimana lampu gantung tersebut didatangkan eksklusif dari Italia yang mempunyai berat sekitar 8 ton.
Selain dari itu, ornament hiasan yang terletak di atas daerah pengimaman juga terbuat dari materi emas 18 karat. Begitu pula dengan pagar yang terletak di lantai dua dan ornament kaligrafi masjid di langit langit masjid. Sedangkan mahkota pilar masjid yang berjumlah 168 buah terbuat dari materi berlapis prado atau sisa sisa dari materi emas.
Secara umum Arsitektur Masjid Kubah Emas mengikuti gaya tipologi pada arsitektur masjid masjid di Timur Tengah yang mempunyai ciri khas pada bab kubah masjidnya, minaret (menara), bab dalam ruangan, dan penggunaan detail atau hiasan ornament dengan unsur elemen geometris dan obelisk, untuk memperkuat ciri khas keislaman para arsitekturnya. Ciri ciri lainnya ialah pada pintu gerbang masuk yang berupa portal dan hiasan geometris serta obelisk sebagai ornamennya.
Halaman dalam masjid berukuran 45 x 57 meter dan Masjid Kubah Emas ini bisa menampung jama’ah sekitar 8.000 jama’ah. Enam menara masjid (minaret) berbentuk persegi enam atau heksagonal, dimana 6 merupakan lambing dari rukun iman, yang menjulang tinggi sepanjang 40 meter. Keenam menara masjid tersebut dibungkus dengan kerikil granit warna abu-abu yang diimpor eksklusif dari Italia dengan bentuk ornamen melingkar. Dan diujung puncak menara terdapat kubah yang berlapis mozaik emas 24 karat. Sedangkan bentuk dan model kubahnya mengadopsi pada bentuk kubah yang banyak diterapkan pada masjid-masjid di Persia dan India. Dan lima kubah yang terdapat pada Masjid Kubah Emas melambangkan rukun Islam, yang keseluruhannya dibalut dengan mozaik yang berlapis emas 24 karat dimana material tersebut diimpor eksklusif dari Italia.
Dan pada bab interior masjid, masjid Dian Al Mahri menyajikan sebuah pilar-pilar yang kokoh menjulang tinggi biar tercipta skala ruang yang agung. Ruangan masjid banyak didominasi dengan warna monokrom yang dikombinasikan dengan warna unsur utama ialah warna krem, biar tercipta suasana ruang yang hening dan khusuk. Bahannya terbuat dari material marmer yang juga diimpor dari Turki dan Italia. Di tengah tengah ruangan, tergantung lampu gantung yang terbuat dari materi kuningan berlapis emas seberat 2,7 ton, dimana pengerjaannya dikerjakan eksklusif oleh para andal dari Italia.