Kayu Vs Baja Ringan Sebagai Konstruksi Kubah Masjid

Pertumbuhan penduduk yang sangat cepat, berimplikasi pada pertumbuhan kebutuhan sandang, pangan dan papan/bangunan. Kebutuhan Konstruksi Kubah Masjid akan berdampak pada kebutuhan akan material bangunan, salah satunya ialah material kayu, dimana jenis materi ini sangat diharapkan dalam pembuatan Kubah Masjid ataupun Menara Masjid menyerupai pada pembuatan kusen masjid, pintu masjid dan jendela masjid, terutama pada konstruksi kuda-kuda dan atap. Menipisnya persediaan materi kayu akhir illegal loging, maka diciptakan materi lain sebagai penggantinya materi kayu yaitu jenis baja ringan / Truss
 
Untuk membandingan nilai irit kedua materi ini, maka diharapkan analisis perbandingan harga konstruksi atap rangka kayu dengan harga kosntruksi atap rangka baja ringan/truss pada panjang bentang 9 m, lalu membandingkan besarnya biaya yang dibutuhkan pada masing-masing konstruksi rangka atap dari kedua materi material tersebut. 
 
Berdasarkan dari hasil analisis biaya konstruksi atap rangka kayu dan atap rangka baja ringan pada panjang bentang yang sama yaitu 9 m, terdapat selisish Biaya yaitu sebesar Rp. 1.079.390,00.- dengan persentase senilai 7,8 % terhadap biaya konstruksi atap rangka kayu. Hasil analisis biaya ini hanya menghitung biaya materi baku yang dipakai pada konstruksi rangka atap saja dan belum termasuk biaya pengecetan kayu yang biasanya berfungsi untuk melindungi kayu dari serangan rayap atau serangga. Maka Biaya yang dibutuhkan untuk pengerjaan Konstruksi Rangka Atap pada bentang 9 m lebih murah dengan memakai bahan material baja ringan/truss dibandingkan dengan memakai materi material kayu. 
 
Konstruksi Rangka Atap Kayu
Konstruksi rangka atap kayu ialah suatu konstruksi yang berfungsi bagai penahan beban epilog atap, yang melindungi penghuni rumah dari panas matahari, angin dan air hujan, yang strukturnya terbuat dan rangka kayu. Konstruksi atap rangka kayu mempunyai elemen-elemen sebagai berikut : 
 
Kuda-kuda
Kuda-kuda merupakan penopang (iga-iga) yang menyalurkan gaya tekan, sedangkan balok dasar pada kuda – kuda yang berfunfsi sebagai penahan dasar gaya tarik, serta tiang tengah (ander) yang mendukung balok bubungan (molo) dan mendapatkan gaya tekan.
 
Gording
Sebagai penyangga kasau (usuk) yang terletak pada kuda – kuda penopang (dibutuhkan jikalau jarak antara ganjal dan bubungan > 2 m).
 
Kasau / Usuk
Kasau / Usuk merupakan balok melintang di atas balok dinding (bantalan), gording, dan bubungan serta berfungsi sebagai penyangga reng. Ujung bawah kasau diteruskan menonjol pada dinding rumah ke luar, membentuk lebar tritisan yang dikehendaki.
 
Reng
Reng merupakan bilah yang melintang diatas kasau dan berfungsi sebagai kawasan menempatkan posisi genteng, sedangkan ring balok diletakkan di bab puncak dinding dan berfungsi sebagai pendukung balok kuda-kuda. 
 
Listplank
Listplank Tirisan terbuat dari papan tegak yang dipasang pada ujung bawah kasau sebagai pengikat ujung kasau. Listplank harus dilindungi terhadap cucuran air hujan dan terhadap panas matahari biar tidak cepat lapuk.
 
Untuk lebih jelasnya, konstruksi rangka atap memakai materi material kayu sanggup dilihat pada Gambar dibawah ini : 
 
Konstruksi Kuda-kuda Rangka Atap Kayu
Konstruksi Rangka Atap Baja Ringan
Konstruksi rangka atap baja ringan ialah konstruksi atap yang strukturnya tidak jauh berbeda dengan konstruksi rangka atap kayu, hanya saja materi pembuatnya dari materi baja ringan atau sering disebut truss. Rangka atap (kudakuda) baja ringan atau yang biasa disebut Truss ialah rangka yang terbuat dan baja lapis Zincalume dengan kandungan Alumunium, Zinc, dan Silikon
 
Rangka atap (roof truss) ialah sistem struktur yang berfungsi untuk menopang/menyangga epilog atap, dengan elemen-elemen pokok yang diri dari: kuda-kuda (truss), usuk/kasau (rafter), dan reng (roof batten). Truss merupakan struktur rangka batang (kuda-kuda) sebagai penyangga utama rangka atap, yang terdiri dan batang utama luar (chords) dan batang Iam (webs), dan yang berfungsi untuk menahan gaya aksial (tarik dan tekan), maupun momen lentur. Gambar dibawah ini merupakan struktur kuda-kuda baja ringan secata utuh.
 
Konstruksi Kuda-kuda Rangka Atap Baja Ringan
Berdasakan bentuk geometriknya, kuda-kuda (truss) baja ringan sanggup dibedakan 3 yaitu: 
  1. Kuda-kuda utuh / standard truss merupakan kuda-kuda berbentuk segitiga utuh, kuda-kudajenis ini sanggup digunaka pada atap pelana, maupun bab tengah dan atap limasan. 
  2. Kuda-kua terpancung (truncated truss), merupakan kuda-kuda berbentuk liga terpancung. 
  3. Saddle truss, merupakan kuda-kuda berbentuk segitiga kecil, yang berfungsi untuk menyatukan dua bidang atap pada rencana atap bangunan yang berbentuk Lesser L.