Enam Puluh Kubah Masjid

Enam Puluh Kubah Masjid lebih dikenal sebagai Masjid Gambuj Shait atau Masjid Saith Gunbad ialah sebuah masjid yang terbesar di Bangladesh pada masa periode kesultanan. Masjid Saith Gunbad telah digambarkan sebagai “monumen Muslim yang paling mengesankan diseluruh dataran India“.
 
Pada pertengahan periode ke 15, sebuah koloni Islam didirikan di hutan mangrove dari Sundarbans akrab pantai di distrik Bagerhat oleh Jenderal Saint yang berjulukan Ulugh Khan Jahan. Dia ialah penggerak masuknya Islam di selatan India dan memimpin sentra kota yang makmur pada masa pemerintahan Sultan Mahmud Shah Nasiruddin, lalu dikenal sebagai “Khalifalabad“.
 
Khan Jahan membangun kotanya dengan banyak sekali masjid, sedangkan untuk pembangunan Masjid Saith Gunbad dimulai pada tahun 1442 dan jawaban pada tahun 1459, sedangkan fungsi masjid pada masa itu dipakai sebagai daerah untuk berdo’a, dipakai juga sebagai Madrasah dan Aula Pertemuan
 
Interior Masjid
Masjid Enam Puluh Kubah mempunyai dinding yang sangat tebal yang terbuat dari kerikil bata. Total panjang masjid ialah sekitar 53 meter dan lebar masjid berkisar antara 36 meter. Sebenarnya di Masjid Saith Gunbad ada 77 Kubah Kecil yang diatur dalam tujuh baris sebelas, dan satu kubah lagi terletak disetiap sudut masjid, sehingga total menjadi 81 kubah dan juga empat buah menara. Dua dari empat menara yang dipakai berfungsi untuk memanggil azan. Masjid ini mempunyai 77 kubah jongkok dengan 7 empat sisi bernuansa Kubah Bengali di barisan tengahnya.
 
Interior Masjid
Meskipun masjid ini dilengkapi dengan 11 buah daun pintu yang melengkung di bab timurnya dan masing-masing 7 buah di sebelah utara dan selatan termasuk ventilasi udara dan cahaya, namun masjid ini masih terasa agak gelap atau redup di bagiah tengah masjid.
 
Enam Puluh Kubah atau Enam Puluh Kolom
Masjid ini dikenal oleh masyarakat lokat sebagai Masjid Shat Gombuj, yang dalam bahasa Bangla berarti 60 Kubah Masjid. Namun bantu-membantu ada 77 buah Kubah di atas ruang utama dan 60 pilar batu. Ada kemungkinan bahwa masjid ini pada awalnya disebut sebagai Masjid Berpilar 60 dimana Amud yang berarti kolom dalam bahasa Arab / Persia, dan Gombuj berarti kubah.