Arsitektur Kubah

Kubah memang bukan berasal dan berakar dari arsitektur Islam. Itu alasannya ialah memang fatwa Islam tidak membawa secara eksklusif tradisi budaya fisik atau Islam tidak mengajarkan secara konkrit tata bentuk arsitektur. Islam memberi kesempatan kepada umatnya untuk memilih pilihan-pilihan fisiknya pada logika budi.

 
Jika ditelusuri, Kubah Masjid lebih banyak digunakan di wilayah Iran dan Asia Tengah, serta Turki dan India. Sementara di tanah Arab sendiri, termasuk Afrika, Eropa, dan Asia, relatif lebih jarang ditemukan Kubah Masjid.
 
Kubah merupakan salah satu unsur arsitektur yang selalu digunakan. Ia berbentuk mirip separuh bola, atau mirip kerucut yang permukaannya melengkung keluar. Terdapat juga bentuk ‘kubah piring’ (karena puncak yang rendah dan dasar yang besar) dan ‘kubah bawang’ (karena hampir mirip bentuk bawang).
 
Biasanya kubah akan diletakkan di tempat tertinggi di atas bangunan (sebagai atap). Ia diletakkan di atas rangka bangunan petak dengan memakai singgah kubah (pendentive).
Kubah sanggup dianggap mirip suatu gerbang yang diputarkan pada rangka penyangganya. Ini bermakna kubah memiliki kekuatan struktur yang besar. Sama mirip jembatan gerbang tertekan, kubah sanggup dibentuk dari kerikil bata dan beton saja, bergantung kepada daya tekanan dan geseran. Namun, kubah modern biasanya dibentuk memakai aloi aluminium, keluli atau konkrit diperkuat sebagai rangka dan dipadatkan dengan kepingan alumunium, tembaga, polikarbonat ataupun cermin sesuai keperluan.
 
Jika dilihat dari dalam, kubah yang berbentuk hemisfer kelihatan lebih menarik, tapi perlu lebih tinggi untuk kelihatan menarik dari luar. Kaprikornus sebagian kubah, misalnya gereja St. Peter dibangun dari dua kubah sedangkan gereja St Paul dibangun dari tiga kubah.
 
Kubah Al-Aqsa, Al-Quds
Banyak masjid di dunia sekarang juga memiliki kubah, termasuk di Indonesia. Tradisi ini berasal dari tempat Anatolia.
Beberapa stadion tertutup hari ini juga memiliki kubah, terutama di negara yang memiliki iklim empat musim. Stadion pertama mirip ini ialah “Astrodome” di Houston, Texas, AS. Contoh ternama lain ialah “SkyDome” di Toronto, Ontario, Kanada, stadion kubah pertama dengan atap yang sanggup dibuka.