9 Cara Menghitung Harga Kubah Masjid Enamel, Model, Dan Kontraktor Kubah Masjid Yang Murah

Jasa Kontraktor Pembuatan Kubah Masjid Enamel, Galvalum GRC, Modern, Stainless Terbaik dan Profesional di Indonesia

9 Cara Menghitung Harga Kubah Masjid Enamel, Model, Dan Kontraktor Kubah Masjid Yang Murah

Masjid yang megah dengan kubah yang menarik merupakan suatu kebanggaan bagi lingkungan anda. Apabila pembangunan tersebut tidak diiringi panduan atau oerencanaan pembangungan yang benar, harga kubah masjid yang didapat akan mahal dengan hasil yang buruk.

9 Rumus Kubah Masjid untuk Panitia Masjid

9 Rumus menghitung, mencari harga Kubah Masjid Enamel yang murah sekaligus berkualitas yang perlu diketahui untuk anda. Dalam panduan ini 9 rumus kubah masjid bisa murah, juga berkualitas akan saya uraikan dan tips memilih bentuk kubah masjid. 4 cara pertama berhubungan dengan persiapan, perencanaan, serta pemilihan kontraktor kubah masjid. Kemudian 5 cara selanjutnya yaitu berhubungan dengan jenis, ukuran, motif, dan harga kubah masjid.

Karena banyak artikel dengan bahasan jenis, motif, dan harga, saya akan memberikan artikel tentang panduan ini guna memberikan informasi lebih dalam seputar kontraktor kubah masjid.

Pada beberapa tahun terakhir, masjid tidak hanya dijadikan sebagai tempat ibadah, namun juga digunakan sebagai objek wisata, dan ikon dari suatu daerah. Dengan cara yang akan kami paparkan, anda diharap untuk menyimak secara saksama panduan kontraktor kubah masjid, sebagai berikut:

1.      Panitia Pembangunan Masjid;

Yang pertama harus dibicarakan ialah tentang panitia pembangunan masjid. Tidak hanya terlibat dalam penggalangan dana saja, panitia juga sangat dibutuhkan untuk mencari kontraktor kubah masjid yang berkualitas dan berpengalaman. Setelah itu, bernegosiasi juga tugas panitia apabila sudah menemukan kontraktor yang pas.  Panitia pembangunan masjid kebanyakan dibentuk dengan cara musyawarah mufakat atau berdasarkan penunjukkan. Sebagai panitia pembangunan masjid, sangat dibutuhkan beberapa panitia yang memiliki latar belakang dunia arsitektur, teknik sipil, dan sejenisnya agar dapat memahami konstruksi bangunan. Dengan ini, rancangan pembangunan masjid akan lebih sesuai dengan kondisi lingkungan sekitar, mulai dari kondisi tanah, arah mata angin, dan tinggi masjid.

 

2.      Lokasi Bangunan Kubah Masjid;

Kontraktor kubah masjid memiliki rincian dana proyek pembangunan tersebut, namun apabila lokasi dari mamsjid tersebu sulit untuk diakses kendaraan roda empat, atau kendaraan truk dan pick up, bukan tidak mungkin kontraktor akan merubah untuk menaikkan rincian dana pembangunan kubah masjid tersebut. Selain hal tersebut, mobilisasi material untuk pembangunan masjid pun menjadi terhambat dengan tidak adanya akses untuk menuju lokasi masjid. Panitia disarankan agar segera mengurus sertifikat wakafnya apabila status tanah bangunan masjid adalah tanah wakaf. Dengan ini negosiasi dengan kontraktor dapat berjalan lancar, karena di dalam internal masjid sudah kondusif.

3.      Arsitektur Bangunan Masjid.

Desain arsitektur masjid sekarang sangat beragam. Kebanyakan gaya arsitektur bangunan daerah lain menjadi desain yang dipilih untuk gaya arsitektur masjid tersebut. Misalnya dengan ciri bangunan khas negeri tirai bambu seperti Masjid Ceng Ho, dan menggunakan gaya arsitektur eropa, arab, dan timur tengah contohnya masjid Istiqlal. Memiliki banyak kubah serta menara merupakan ciri-ciri gaya arsitektur masjid timur tengah. Dengan efisiensi ukuran kubah masjid, harga yang didapat tentunya lebih murah.

4.      Kontraktor Kubah Masjid

Pada saat ini sudah terdapat prmbagian spesialisasi pekerjaan  untuk kontraktor. Misalnya, kontraktor listrik akan hanya bekerja melayani proyek listrik, kontraktor air akan bekerja melayani proyek pembangunan air. AKLI (Asosiasi Kontraktor Listrik Indonesia), AKAINDO (Asosiasi Kontraktor Air Indonesia), adalah contoh asosiasi yang bekerja dalam bidang spesifik. Dan begitupun dengan kubah masjid, memiliki kontraktor sendiri sesuai spesifikasi proyeknya.

  1. Contoh kontraktor kubah masjid yang sudah sangat berpengalaman mengerjakan kubah masjid di Seluruh Indonesia adalah PT. Anugerah Kubah Indonesia.
  2. Dijalankan oleh tim ahli, PT. Anugerah Kubah Indonesia merancang kubah masjid yang sangat cocok dengan konstruksi bangunan masjid.
  3. Untuk produksi komponen seperti membrane, panel, dan rangka kubah masjid, PT. Anugerah Kubah Indonesia memiliki bengkel workshop sendiri.
  4. PT. Anugerah Kubah Indonesia sudah menjalin kerjasama dengan Pabrik PT. Maspion untuk mendukung misinya untuk memproduksi panel enamel yang tahan suhu panas, warna yang awet hingga 20 tahun.

Kubah masjid tidak berkualitas dan harga mahal bisa disebabkan oleh pemilihan kontraktor kubah masjid yang tidak tepat. Selain itu Masjid menjadi kurang sempurna. Jadi jangan salah untuk memilih kontraktor kubah masjid secara jeli.

5.      Jenis Kubah Masjid

Secara desain maupun jenis materialnya, kubah masjid sekarang ini telah mengalami perkembangan. Berikut akan kami jelaskan jenis-jenis kubah mulai dari yang konvensional, hingga yang modern. Kubah dengan bahan beton dan stainless stell adalah yang sering digunakan di Indonesia pada beberapa tahun yang lalu. Bobotnya yang berat dan harganya yang mahal, menjadikan Kubah Beton ini memiliki banyak kelemahan. Kekuatan fondasi yang memikul beban berat dapat mengakibatkan kerusakan yang fatal apabila terjadi gempa. iklim di Indonesia tropis yang sifatnya sepanjang tahun menerima panas matahari lebih panjang dan cuaca terik sudah menjadi langganan bagi penduduk di Indonesia. Hal ini menyebabkan Kubah stainless steel memiliki kekurangan, yaitu dapat menjadikan bagian dalam masjid menjadi panas, karena stainless steel menghantarkan panas. Kubah Masjid Galvalum adalah jenis kubah yang berbahan dasar plat galvalum. Bahan galvalum atau Zincalume ini adalah Lapisan Galvanis Campuran Seng dan Aluminium. Kubah yang terbuat dari bahan Glassfibre Reinforcement Cement (GRC) disebut juga dengan Kubah GRC. Glassfibre Reinforcement Cement (GRC) adalah bahan material konstruksi yang terdiri dari campuran, pasir halus, semen, serat fiber, dengan tambahan bahan perekat yang dilapisi mozaik. Kubah ini juga mudah dibentuk sesuai dengan ukuran dan bentuk selain dilihat dari sisi praktis dan ringannya. Kubah ini diproduksi dipabrik. Kelemahan Kubah Jenis GRC yaitu mudah retak bilamana terjadi getaran keras karena gempa. Saya akan mengurai dan menjelaskan material Galvalum dan enamel untuk mendapatkan gambaran bahan galvalum dan enamel.

Penjelasan tentang Galvalum

Untuk kebutuhan bahan atap dan dinding, material seng (zinc) adalah bahan yang digunakan. Material yang berdaya tahan tinggi dan penampilan yang artistik diperoleh dengan cara mencampur antara material seng, aliminium, dan dengan warnanya. Pada produk galvalume metal coated steel, sering digunakan aplikasi campuran kedua material tersebut. Dengan komposisi : 43,5% zinc, 55% aluminium, dan 1,5% silicon, Lembaran baja yang dihasilkan dari campuran seng, aluminium, dan silicon tersebut memiliki mutu yang tinggi.  Dibandingkan dengan baja lapis seng biasa yang tingkat ketahannya sangat tergantung pada kondisi lingkungannya, penggunaan campuran material pelapis tersebut, bisa memberikan hasil yang lebih   baik dan memiliki ketahanan terhadap korosi atmosferik 2-6 kali lebih andal. perlindungan galvanis pada bagian tepi baja dasar mampu diberikan oleh Galvalume. Sementara itu Zincalume memiliki sifat proteksi panas yang lebih baik, khususnya sebagai bahan atap. Baja lapis Zincalume ini diklasifikasikan berdasarkan berat minimum pelapisan dalam penggunaannya.

Mengenali Kelas Zincalume

Zincalume terdiri dari beberapa kelas, antara lain : Zincalume AZ 150 dan AZ 200. Zincalume  AZ 150,  merupakan baja lapis Zincalume yang memiliki daya tahan tinggi serta pengunaan yang berbeda.

Paku berkepala timah atau flashing timah, sebaiknya tidak dipergunakan untuk aplikasi material tersebut. Karena produk-produk timah tersebut dapat merangsang timbulnya karat, kecuali apabila dilapisi dengan bitumen atau cat yang berkualitas.

Sifat pencegahan noda yang bagus dimiliki oleh baja lapis Zincalume ini. Karena telah dilapisi dengan resin yang mampu mencegah timbulnya noda, yang diakibatkan tangan yang berkeringat, udara yang lembab, maupun bekas injakan kaki yang ada selama pemasangan.

Produksi Zinculame seperti apa

Produksi Baja lapis Zinculame melalui proses pencelupan panas yang dilakukan secara terus menerus. lebaran baja dalam gulungan sebagai bahan baku utama, akan diurai dan dipadukan dalam suatu peralatan welding.

Lembaran baja tersebut masuk kedalam tungku pembakaran   dan keluar menuju tempat pelapisan (coating pot) melalui entry accumulator. Selanjutnya, melalui leg cooler dilakukan proses  pendinginan awal dan masuk menuju horizontal cooler untuk proses  pendinginan selanjutnya. Pada Water quench proses pendinginan ini masih dilanjutkan lagi, yaitu pendinginan dengan menggunakan air. Material tersebut masuk ke  proses skin-pass mill untuk perlakuan permukaan setelah dilakukan pendinginan,.

Selanjutnya, pada tension leveller, chemical treatment, organic passivation berturut-turut mengalami proses sesuai tahapan tersebut, dan  keluar menjadi baja lapis Zincalume. lembaran bahan tersebut dikemas dalam bentuk gulungan (coil) sebagai proses finishing, dan siap digunakan untuk pembuatan berbagai macam produk.

Selain memiliki spangle yang menarik pada  permukaannya, baja  lapis Zincalume juga lebih mudah dibentuk, dilas dan dicat karena telah mengalami proses pencelupan panas tersebut.

Material ini cocok dipakai untuk bahan yang memerlukan daya tahan yang tinggi seperti atap,  dinding, talang, pagar, rangka rumah, knalpot kendaraan, saluran asap atau udara. Selain itu, material ini juga mampu memantulkan sebagian besar  panas dan sinar matahari. Dibandingkan dengan kubah berbahan beton dan stainlees steel, kubah masjid galvalum lebih ringan, dan lebih tahan gempa.

Lalu bagaimana dengan kubah masjid enamel?

kubah masjid yang lebih kuat, lebih murah, lebih tahan gempa, Kubah Masjid enamel lah yang sekarang sudah menjadi primadona.

Kontraktor kubah masjid enamel adalah spesialisasi dari PT. Anugerah Kubah Indonesia.

Terbuat dari paduan kaca (Silica) yang dileburkan (to melt) diatas lempengan besi-baja bermutu tinggi pada sebuah oven dengan temperatur tinggi adalah komposisi dari Enamel. Yang kemudian bubuk tersebut mengurai hingga menyatu dan menjadi keras. Material ini juga dimanfaatkan untuk kubah masjid. Dibanding kubah berbahan Beton, GRC, Galvalum atau Stainlees Steel, Kubah Panel dengan bahan baku Enamel dan Galvalum adalah salah satu jenis kubah alternatif yang memiliki kelebihan tersendiri.  bahan baku yang digunakan pada Kubah Panel Enamel berupa plat baja low carbon dengan tipe spcc-sd atau tipe sphc karena plat ini sangat cocok dengan karakteristik dari enamel. Ketebalan bahan dapat bervariasi, namun yang biasa digunakan yaitu sekitar 0,7mm-1,2mm, menyesuaikan dengan luas media per panelnya.

Kelebihan kubah Masjid yang terbuat Enamel.

  1. Pemasangannya tidak membutuhkan pondasi ekstra kuat karena bobotnya sangat ringan.
  2. Ketika terjadi bencana gempa, resiko kerusakan yang ditimbulkan relatif lebih kecil disbanding kubah lain.
  3. Dibanding kubah lain potensi bocornya jauh lebih kecil.
  4. Dengan warna yang tajam dan variatif, Kubah Panel lebih indah dan juga tahan lama hingga 20 tahun.
  5. Tahan korosif dan karat, tahan bahan-bahan kimia, tahan terhadap goresan, tahan panas, dan tahan api.
  6. Lebih higienis.
  7. Mudah untuk dibersihkan.

Ciri Utama Kubah Enamel

Tahan terhadap korosi ialah ciri khas utama dari kubah Masjid enamel, sehingga sangat cocok dengan daerah pesisir pantai. Untuk melindungi setiap produk yang terbuat dari bahan dasar logam, teknik enamel coating merupakan cara yang paling hemat dan ekonomis dengan hasil permukaan yang sangat halus, mengkilap, dan tersedia dalam berbagai macam warna sesuai pilihan yang tidak mudah pudar terkena sinar matahari. Jika diaplikasikan pada kubah masjid dengan bahan dasar galvalum, Panas tersebut amat sangat tidak memungkinkan. Dengan cara dibakar langsung diatas kompor, adalah cara untuk membuktikannya. Bahan tersebut merupakan bahan dari galvalum, Apabila warna hitam (gosong) bekas dari pembakaran tersebut tidak bisa dibersihkan dengan menggunakan kain.

Ketahanan dari warna yang dihasilkan, hanya bertahan sekitar kurang lebih 5 tahun, hal ini dikarenakan bahan galvalum hanya mampu menggunakan teknik pengecatan dengan sistem powder coating atau sistem Airbrush. Sementara itu warna dari coating enamel telah mendapatkan garansi resmi dari perusahaan ternama di Indonesia sekitar 15 tahun. (Untuk memproduksi enamel, PT. Anugerah Kubah Indonesia sudah bekerja sama dengan Pabrik PT. Maspion)

Pada tahun 1840 Coating enamel pertama kali diproduksi masif di Jerman. Jika dibandingkan dengan metode yang diterapkan sekarang, cara yang diterapkan merupakan cara yang masih kuno. Semua enamel coating menerapkan metode sistem dua lapis sejak tahun 1930, yang terdiri dari:

  1. Pertama, untuk melindungi bahan logam dari karatan, lapisan dasar yang digunakan biasanya berwarna hitam pekat. Dan warna yang dapat menyesuaikan dengan keinginan adalah lapisan top coat.
  2. Untuk menghasilkan warna yang lebih cerah dan mengkilap, digunakan bahan plat baja low carbon (yaitu baja yang memiliki kandungan karbon kurang dari 0,005%).
  3. Coating enamel umumnya digunakan untuk melapisi logam perhiasan misalnya seperti emas, perak, dan tembaga sejak pertama kali diproduksi.
  4. Agar terlihat lebih cerah dan tahan terhadap cuaca, coating enamel terkadang dipakai oleh arsitektur untuk melapisi panel dinding luar.
  5. Dinding eskalator ialah contoh produk coating enamel yang diaplikasikan didalam ruangan.
  6. Kubah dengan sistem panel enamel cenderung dipilih untuk pembuatan kubah masjid yang memprioritaskan model seni arsitektur modern.
  7. Mengingat teknik sistem paku drilling hanya mempunyai masa ketahanan sekitar ± 4 tahun, sistem paku drilling tidak digunakan dalam teknik system pemasangan enamel, yang dapat menyebabkan korosi dan membuat paku mudah lepas.

Untuk pemasangan panel enamel, PT. Anugerah Kubah Indonesia sudah memiliki pengalaman dan sistem sendiri yaitu dengan cara pemasangan tanpa paku.

6.      Plafon Kubah Masjid

Plafon menjadi hiasan pada langit-langit didalam masjid, karena keindahaan motifnya jamaah akan terkesima saat melihat plafon di atap kubah masjid. Harga kubah utama dan kubah anak, akan kami tawarkan kepada anda satu paket dengan pekerjaan plafon pada kubah utama. Desain plafon yang menarik sebaiknya digunakan untuk kubah utama yang berdiameter diatas 4 meter, dan plafon polos berwarna putih dapat dipilih apa bila anggaran kubah utama sangat terbatas. Kalsiboard dengan finishing cat airbrush adalah bahan yang pada umumnya digunakan. Motif awan, motif asmaul husna, motif ornamen, dan motif polos adalah motif popular yang sering digunakan. Harga yang dipasang adalah harga per meter persegi (m2).

PT. Anugerah Kubah Indonesia menawarkan plafon kubah masjid dengan spesifikasi:

  1. Kalsiboard dengan ketebalan 3 mm dan water proofing membran bakar ketebalan 3 mm.
  2. Lukisan awan atau kaligrafi sebagai finishing (sesuai permintaan pihak panitia).
  3. Pipa medium 1-2  inc. dan besi hollow 2 x 4 digunakan sebagai rangka.

7.      Motif Kubah Masjid

Dalam hal memilih kubah masjid yang sesuai dengan gaya arsitektur atau luas bangunan masjid, pada segmen ini saya akan mengulas motif-motif yang menjadi primadona. Yang memberikan keindahan pada kubah masjid adalah motifnya. Untuk membuat kubah masjid biaya yang dibutuhkan semakin tinggi apabila motif yang dipilih semakin rumit. Pemilihan motif sebaiknya didiskusikan dengan kontraktor anda. Beragam pilihan motif kubah masjid yang dimiliki kontraktor berpengalaman. Motif ini memadukan unsur perpaduan warna dan unsur detail struktur desain kubah. Hijau tua, hijau muda, biru tua, biru langit, biru muda, kuning, cokelat, putih, emas adalah warna yang menjadi pilihan favorit. Biaya untuk memproduksi kubah akan semakin tinggi, apabila semakin banyak warna yang dipilih. Anda bisa melihat pilihan motif yang sudah diterapkan pada bagian Foto Bukti Hasil Pekerjaan karena PT. Anugerah Kubah Indonesia sudah memiliki banyak pilihan motif.

8.      Ukuran Kubah Masjid;

kubah juga memiliki fungsi sebagai penanda arah kiblat dari bagian luar dan menerangi bagian interior masjid. Jadi kubah tak sekedar menampilkan kemegahan dan keindahan belaka. Keberadaan kubah dalam dunia arsitektur Islam paling tidak memiliki dua interpretasi simbolik, yakni merepresentasikan kubah sebagai surga dan menjadi semacam simbol kekuasaan dan kebesaran Tuhan. Pernyataan tersebut diungkap oleh tulisan yang berjudul A review of Mosque Architecture, Foundation for Science Technology Civilisation (FSTC).

Di CV PT. Anugerah Kubah Indonesia ukuran kubah kami bagi seperti sebagai berikut:

Ukuran bawang; Untuk masjid yang berukuran kecil dan terletak didalam perkampungan, kubah bawang menjadi primadona yang banyak dipilih.  Dengan ukuran tinggi lebih besar dibanding ukuran diameter, kubah bawang ini memiliki tinggi yang lancip menyerupai model bawang

Ukuran Kubah LeherKubah leher biasanya dipilih oleh panitia untuk melapis kubah beton artinya bangunan masjid sudah memiliki kubah dari konstruksi beton dan ingin diperindah dengan kubah enamel sehingga hanya perlu dicover dengan panel enamel. Kubah ini sangat cocok untuk masjid di tengah kompleks perumahan, karena kubah leher ini memiliki ukuran diameter yang lebih besar dibanding kubah bawang.

Ukuran Kubah Payung; Kubah payung ini mempunyai tinggi yang lebih kecil dibanding kubah leher bila dibandingkan dengan kubah leher untuk ukuran diameter yang sama. Kubah payung ini mirip dengan model payung. Pada masjid agung yang ukuran masjidnya lebih besar dan menjadi masjid terbesar di suatu wilayah, kubah payung sangat cocok untuk diaplikasikan. Masjid Agung Balikpapan dan Masjid Agung Lasusuau Kolaka Utara adalah contoh kubah paying yang telah kami kerjakan.

Ukuran setengah bolaBila dibandingkan untuk ukuran diameter alas yang sama, maka ukuran tinggi kubah setengah bola lebih tinggi dibanding dengan kubah leher dan kubah payung. Kubah setengah bola sangat kompatibel apabila diaplikasikan pada gedung sejenis Auditorium, dan kami telah membuktikannya, misalnya pada gedung Auditorium Taman Mini Indonesia Indah.

Ukuran Kubah tiga perempat; Kubah tiga perempat lebih pendek dibanding dengan kubah bawang apabila dibandingankan tingginya untuk diameter pada alas yang sama. Bila diaplikasikan pada kubah utama dan kubah anak, kubah tiga perempat terlihat lebih menarik. Kubah ini lebih menonjolkan gaya arsitektur khas timur tengah yang sangat cocok untuk diterapkan pada masjid di perkampungan atau di tengah kompleks perumahan.

Harga, Teknik, dan Metode Kubah Masjid

Dengan metode yang berbeda, dan cara menghitung harganya, di bagian ini akan kami rincikan cara menghitung volume kubah masjid.

Dalam hal menetapkan harga kubah masjid, setiap kontraktor Kubah Masjid pasti memiliki caranya masing-masing. Ada 2 harga yang diberikan, seperti:

  1. Harga Lumpsum

Sampai batas masa kerja yang diatur dalam kontrak kerja, harga ini tetap dan tidak mengalami perubahan. Harga borongan yang sudah ditetapkan di depan tidak akan berubah apabila terjadi kenaikan harga material seperti besi hollow, cat atau galvalumnya. Untuk harga kubah utama dan kubah anak, panitia pembangunan masjid sudah menerima angka bulat pada harga lumpsum ini.

  1. Harga Per Meter

Panitia pembangunan masjid akan menerima harga borongan per mete, karena harga ditetapkan berdasarkan volume per meter. Harga sudah termasuk produksi material dan harga borongan pekerjaan per meter. Panitia hanya tinggal mengalikan volume kubah masjid dengan harga per meter yang dapat disesuaikan.